Senin, 04 Juni 2012

Tips membersihkan perhiasan

Bagaimana caranya membersihkan perhiasan logam seperti emas, perak, atau kuningan?

* Untuk Perhiasan imitasi atau berbahan alloy (logam campuran) :

Tuangkan air dalam wadah lalu masukan beberapa tetes sabun mama lemon atau sunlight aduk.. rendam perhiasan selama beberapa detik.  Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap halus.
Jika perhiasan terlalu kusam bisa digunakan pasta gigi. Maka Perhiasan kembali bersinar.
Cara ini cukup efektif lo....Caranya??? Gunakan lap halus gosok lap yang sudah diberi pasta gigi ke aksesoris alloy, kemudian bersihkan kembali dengan air bersih. jangan lupa keringkan aksesoris dengan lap agar tidak berkarat..

Bila terpaksa bisa gunakan braso untuk membuat aksesoris menjadi kilap kembali...namun sebagai catatannya, tidak semua aksesoris alloy bisa dibersihkan dengan braso yach....

    * Untuk Perhiasan perak :

Perak punya karakteristik khas yaitu mudah teroksidasi sehingga warnanya berubah menjadi kehitaman. Tapi perhiasaan perak dapat kinclong kembali jika dibersihkan dengan pasta gigi, sikat, dan air. Caranya?
Cara membersihkannya, seperti menggosok gigi, yaitu gosok dengan lembut perhiasan perak Sista sampai mengkilat kembali seperti sedia kala. Bilas dengan air sampai bersih, lalu dilap dengan kain lembut sampai kering. Perhiasan dari perak bisa juga dibersihkan dengan abu rokok. Caranya mudah, Taruh abu rokok di atas lap lembut atau kain flanel, lalu gosokkan ke perhiasan perak tanpa air. Perhiasan perak anda akan kembali berkilau...^_*


    * Untuk Perhiasan emas :

Rendam perhiasan emas  dalam air hangat yang sudah dibubuhi sabun lembut atau shampo. Kotoran akan larut dalam air. Namun, jika kotoran terlalu lekat, coba deh gosok dengan sikat gigi. Tapi ingat, gosok  dengan lembut. Setelah bersih, dilap dengan kain lembut atau tissue.

    * Untuk Perhiasan dari Kuningan :

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan logam kuningan. Selain dengan braso, bisa juga dengan asam jawa, jeruk lemon, atau belimbing wuluh (pilih salah satu). Gosok-gosokkan buah berasa kecut itu ke logam kuningan. Setelah itu, logam dicuci dengan air bersih, dan jemur di panas matahari. Jika perhiasaan kuningan andatelanjur berkarat, anda mesti mengampelasnya sampai bersih. Jika karatnya sudah tebal, coba bersihkan dengan abu gosok dicampurlemon. Setelah karatnya hilang, gosok dengan asam jawa atau jeruk lemon atau belimbing wuluh agar kembali berkilau. Terakhir, keringkan dan jemur di panas matahari.

    * Untuk Perhiasan Mutiara

Gunakan larutan sabun dan air hangat untuk membersihkan perhiasan yang terbuat dari mutiara. Simpanlah mutiara dalam kotak khusus untuk menghindari goresan. Jangan letakkan mutiara satu tempat dengan bebatuan dan metal.

    * Untuk Perhiasan Berlian

Produk-produk kimia dan kosmetik sangat dianjurkan untuk tidak bersentuhan dengan berlian. Hal itulah yang kemungkinan besar membuat perhiasan berlian Sista kehilangan kilaunya. Bersihkan perhiasan berlian dengan menggunakan air hangat, sabun yang lembut dan sikat halus untuk mengangkat kotoran yang ada.



Setelah perhiasan dibersihkan, perlu diperhatikan pula cara menyimpannya. Jangan menaruh perhia san logam di tempat terbuka. ''Sebaiknya, simpan di tempat khusus dengan rapi,''  Jangan lupa, pisahkan perhiasan yang satu dengan lainnya untuk menghindari pergesekan.







Disadur dari beberapa sumber...

0 komentar:

Poskan Komentar